Adsense Indonesia

Jadwal Bedah Buku Selanjutnya

Sekolah Bona Ramawangun

Sunday, January 25, 2009

Golongan darah dan Autisme



Lewat pertemuan di sebuah Milis, saya berkenalan dengan seorang ibu yang membuka sekolah khusus untuk anak-anak penyandang autis.

Sebuah pembicaraan mengalir ke arah pembicaraan lainnya, pada akhirnya kami membahas mengenai golongan darah yang sedang saya adakan risetnya bersama Tim kami di Jepang. Ternyata Ibu Ratih sangat tertarik untuk mendalami tentang golongan darah juga dan mengundang saya untuk bisa berbagi dengan orang tua murid di sekolahnya, tentu saja saya setuju karena memang Lembaga kami mengadakan penelitian untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Jepang, sekalipun hasilnya masih belum terlalu dalam, namun sudah ada suatu kesimpulan yang bisa dibagikan, ini membuat saya semangat sekali.

Hari Sabtu pagi, 1 November 2008, saya tiba di Sekolah Budi Waluyo dan memberikan seminar mengenai golongan darah, namun dalam sebuah wacana yang lebih khusus karena berkenaan dengan anak berkebutuhan khusus.

Bagi anak berkebutuhan khusus, tiap-tiap golongan darah ada suatu cara penanganannya sendiri. Tidak bisa anak bergolongan darah O dianggap sama dengan anak bergolongan darah A, kemudian dilakukan pendekatan yang sama rata, atau boleh dibilang standardisasi. Anak bergolongan darah B dan AB juga seperti itu. Dalam banyak kasus, orang tua menyamaratakan penanganan terhadap anak mereka, begitu juga para gurunya, yang terjadi adalah anak-anak jadi semakin sulit untuk didekati. Oleh karena itu saya berharap agar para orang tua yang memiliki anak dengan berkebutuhan khusus bisa memahami akan hal ini.

Lewat setiap kesempatan, saya berharap bisa membagikan apa yang saya miliki, yaitu ilmu golongan darah kepada setiap orang yang membutuhkan. Dari sinilah saya merasa hidup saya memiliki arti....

Ada yang ingin mengetahui lebih lanjut, silakan hubungi saya.... Ok!

No comments: